Gunung Sewu

Indonesian Cave and Karst Journal

MENGGAMBAR PETA GUA MENGGUNAKAN AutoCAD

Posted by gunungsewu on November 23, 2006

Oleh: Sunu Widjanarko

ABSTRAK

Penggambaran peta gua menggunakan metoda koordinat polar maupun kartesian selalu menghasilkan kesalahan dalam peletakan titik dan pembuatan garis. Dan terkadang peta gua dibutuhkan bukan hanya dalam bentuk tampak atas atau samping saja, tetapi dalam bentuk perspektif. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran menggambar peta gua menggunakan software AutoCAD yang dapat menghilangkan kesalahan akibat kesalahan manusia dan alat gambar tersebut. Hasil dari penggambaran peta gua menggunakan AutoCAD ini bukan hanya dalam bentuk outline seperti pada peta tampak atas atau samping, namun juga menghasilkan peta gua yang terlihat seperti bentuk lorong gua sebenarnya.

Teknik menggambar yang dipergunakan dalam penggambaran peta gua menggunakan AutoCAD ini adalah menggambar garis (line) untuk menggambar garis-garis survai, menggambar polyline dan menghaluskan polyline menjadi sebuah smooth polyline untuk menggambar penampang melintang (cross section) tiap stasiun, menggambar mesh untuk menggambar dinding lorong, dan menentukan tekstur serta warna dinding lorong gua agar tampilan ahkirnya seperti kondisi gua sebenarnya.

Hasil percobaan penggambaran peta gua menggunakan AutoCAD menunjukkan bahwa penggambaran peta gua dapat langsung menggunakan data mentah jika tidak membutuhkan koreksi kesalahan penutup dan kalibrasi alat. Dapat pula menggunakan koordinat kartesius jika dilakukan perhitungan terlebih dahulu. Gambar akhir peta gua dapat dilihat dari semua arah dan dengan sudut kemiringan yang dapat dipilih sesuka hati. Tekstur dan warna dapat pula dipilih sesuai dengan keinginan agar mendekati kondisi sebenarnya. Namun pada gambar akhir terlihat bahwa batas dinding antar stasiun masih patah atau kaku. Tidak halus seperti sebuah belokan di gua sebenarnya.


Kata kunci: menggambar peta gua, peta gua tiga dimensi, autocad

One Response to “MENGGAMBAR PETA GUA MENGGUNAKAN AutoCAD”

  1. Metode penggambaran peta menggunakan autocad ini baru jg saya ketahui mungkin untuk penggambaran lengkung2 dan kelokan2 yg belum saya pahami dan ingin saya ketahui bagaimana cara menggambarnya. Kalau menggambar bangunan rumah atau gedung bertingkat lebih mudah dengan autocad tapi kalau untuk menggambar peta saya baru tahu dan dengar.

Leave a Reply

 
