Gunung Sewu

Indonesian Cave and Karst Journal

GEOARKEOLOGI KOMPLEKS GUA PLAWON, BANDUNG (SUATU KONTRIBUSI)

Posted by gunungsewu on November 23, 2006

J. Susetyo Edy Yuwono . PTKA UGM

ABSTRAK

Bentangalam karst beserta potensi yang dikandungnya, termasuk fitur-fitur guanya, mendasari upaya pelacakan aspek keruangan suatu kawasan yang bernilai geokultural. Terkait dengan hal tersebut, posisi Kompleks Gua Pawon di kawasan karst Citatah menjadi sangat strategis. Sebagaimana dilaporkan sementara ini, Kompleks Gua Pawon adalah situs arkeologi gua satu-satunya di Jawa Barat. Penelitian terhadap Gua Pawon selama ini, sebenarnya sudah menggambarkan posisi penting Kompleks Gua Pawon dalam berbagai aspek. Namun kontribusi penelitian yang bersifat makro perlu dirumuskan, agar dinamika keprasejarahan Gua Pawon dalam kerangka morfoaransemennya dengan kawasan non karst di sekitarnya dapat dipahami, sejajar dengan kawasan karst lainnya yang sudah lebih banyak dieksplorasi. Akselerasi kerusakan bentangalam karst Citatah akibat kegiatan pertambangan, menjadi tuntutan lain untuk mengkaji lebih dalam potensi geoarkeologi Kompleks Gua Pawon dalam bingkai pengembangan keilmuan dan pelestarian kawasan.

One Response to “GEOARKEOLOGI KOMPLEKS GUA PLAWON, BANDUNG (SUATU KONTRIBUSI)”

  1. imade Kustiana said

    saya mahasiswa jur.pend.geografi UPI
    sedang melakukan penelitian di kawasan karst Citatah, dgn judul “Studi intensitas eksploitasi kawasan karst Citatah” mohon bantuan untuk memperoleh referensi

Leave a Reply

 
