Gunung Sewu

Indonesian Cave and Karst Journal

BERSIHKAN RERUNTUHAN BATU GOA BRIBIN ; Salah Teknik, Ledakan Pertama Gagal

Posted by gunungsewu on November 10, 2006

Thursday, 09 November 2006,
BERSIHKAN RERUNTUHAN BATU GOA BRIBIN ; Salah Teknik, Ledakan Pertama Gagal

WONOSARI (KR) – Peledakan pertama material batu di sungai bawah tanah Bribin Desa Dadapayu Semanu Gunungkidul yang dilaksanakan Selasa (7/11), gagal karena ada kesalahan teknik, sehingga harus diulang. Para ahli ledak kemudian berupaya mengulangi peledakan, Rabu (8/11).

Peledakan batu yang dilakukan juru ledak dari Jerman bekerjasama dengan juru ledak dari Pemkab Jember Jawa Timur ini mendapat perhatian dari Dubes Jerman untuk Indonesia Freherr V Mactzahn yang langsung meninjau ke lokasi bahkan turun ke sungai bawah tanah menggunakan peralatan yang dipasang di lokasi pengeboran Proyek Bribin.

“Peledakan material bebatuan dengan volume sekitar 1.000 meter kubik ini optimis bisa berhasil, karena seluruh kesiapan termasuk peralatan tidak ada masalah lagi, kesalahan teknik sudah bisa diatasi,” ujar Koordinator Peledakan Bribin Sudarno dari Pemkab Jember kepada KR.

Kunjungan Dubes Jerman kemarin juga disertai Penanggungjawab Pemasangan Tsunami Early Warning System (TWS) di Laut Hindia dekat Nanggroe Aceh Darussalam dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Karlsruhe Jerman Prof Nestman. Hadir juga Asisten Fasilitasi dan Investasi Pemprop DIY Dr Ir Sunyoto Dipl HE DEA, Bupati Gunungkidul Suharto SH, Ketua DPRD H Wagiran dan sejumlah pejabat.

Sudarno mengatakan, pembangunan bendungan sungai bawah tanah Bribin sempat terhenti pasca gempa tektonik 27 Mei lalu. Pada alur sungai bawah tanah berjarak sekitar 300 meter dari titik bendungan, terjadi reruntuhan batu sehingga menutup aliran sungai dan menyebabkan air di dalam bendungan naik sekitar 3-4 meter.

Kabid Pengairan Dinas Kimpraswil DIY Ir Joko Sasongko MM mengakui, satu-satunya cara untuk menyingkirkan material yang runtuh itu hanya dengan diledakkan. Selain juru ledak dari Jember yang sudah bersertifikat nasional, peledakan juga melibatkan juru ledak Marco Melderbergen dan juru selam Mathias Loyk dari Jerman.

Sudarno maupun Joko Sasongko mengatakan, peledakan batu tersebut maksimal tiga kali, karena ledakan pertama kemungkinan serpihannya masih cukup besar, sehingga harus ada ledakan kedua dan ketiga agar serpihannya kecil-kecil. Karena serpihan batu tersebut tidak akan diangkat ke atas, namun diupayakan terbawa arus saat banjir.

Menurut para pakar juru ledak, peledakan di dalam tanah tidak membahayakan, karena sebelumnya sudah dipelajari dengan seksama, sehingga tidak akan sampai terjadi reruntuhan susulan pada dinding goa di atas aliran sungai tersebut. Setelah batu penutup aliran sungai bisa dihancurkan, maka aliran sungai akan normal, dan pembangunan bendungan bisa dilanjutkan kembali.

Seorang petugas pembangunan bendung menambahkan, letak reruntuhan batu tersebut dari titik bendung sekitar 300 meter dan untuk mencapai lokasi tersebut harus menyelam karena air sungai cukup deras. Sedang bendungannya ada dua unit. Bendung I di sisi Timur sejauh kurang lebih 1.200 meter dari titik bendung. Lokasi itu selain jalan kaki, untuk ke sana harus menyelam.

Saat ini di sekitar lokasi pengeboran sungai bawah tanah Bribin berbagai peralatan pembangunan turbin sudah siap, tinggal pemasangan. Namun harus menunggu selesainya pembangunan bendungan. Demikian pula pipa-pipa besar untuk mengalirkan air, sebagian sudah terpasang dan sebagian lagi sudah siap di sekitar lokasi. (Awa/San)-n

http://www.kr.co.id/article.php?sid=102409

One Response to “BERSIHKAN RERUNTUHAN BATU GOA BRIBIN ; Salah Teknik, Ledakan Pertama Gagal”

  1. Eko Haryono said

    Omong2-omong soal Bribin.
    Mungkin itulah pelajaran bagi teknologi dan techno science yang dianggap selalu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia..

    Nuwun
    Eko Haryono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: